Selasa, 31 Oktober 2023

KKMI KALSEL LAKSANAKAN BIMTEK DAN KAJI TERAP IKM KE BALI

 













Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Melaksanakan Bimbingan Teknik Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Kaji terap ke MI Kalifa Nusantara Denpasar, Sabtu-Selasa  (28-31 Oktober 23)

Kegiatan yang diikuti oleh 30 Peserta  perwakilan  Pengurus KKMI Provinsi dan Pengurus KKMI Kabupaten. Hadir sekaligus pemateri  Kepala Sub  Koordinator Pengembangan Teknologi Pembelajaran, H. Adnan Jahri. Bimtek dilaksanakan di Mini Ball Room PrimeBiz Hotel Kuta Bali.

Di kegiatan ini seluruh peserta banyak menghabiskan waktu untuk berdialog dan berdiskusi terkait IKM khususnya tentang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil Alamin (P5RA).

Menurut Ketua KKMI Kalsel Abdul Basit, Bimtek ini merupakan bentuk  pelaksananan salah satu program KKMI yamg telah diagendakan lama. “Alhamdulillah Salah satu program KKMI bisa terlaksana atas dukungan seluruh pengurus, Kegiatan ini merupakan Agenda prioritas  yang telah disepakati untuk dilaksanakan, terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Sub Koordinator Pengembangan Teknologi Pembelajaran, H. Adnan menyampaikan Apresiasi kepada pengurus KKMI atas dilaksanaknnya Kegiatan tersebut. “Saya Apresiasi kegiatan positif seperti ini, dengan kegiatan ini diharapkan kita lebih terbuka wawasan, lebih fresh semangat dan lebih fokus dalam melaksanakan IKM di tempat tugas serta dapat menginformasikan  dan merefleksikan hasilnya kepada kawan kawan di daerah” pinta nya.

Di hari berbeda, Senin ( 30/10/23), Peserta juga mengunjungi MI Kalifa Nusantara Denpasar sebagai bagian dari kegiatan Bimtek. Studi Tiru ini juga bertujuan mempelajari dan menggali  pelaksanaan IKM Khusunya kegiatan P5RA di madrasah tersebut untuk di amati, di tiru dan dimodifikasi sesuai karakter madrasah di daerah masing-masing.

Tim dan rombongan KKMI Kalsel disambut sekira pukul 08 pagi oleh siswa, guru dan segenap pengurus yayasan dan diajak untuk melihat berbagai kegiatan pelaskanaan P5RA. Setelahnya mengadakan dialog di ruang aula pertemuan. Lagu “Budaya Bali” mengawali ceremoni yang dinyanyikan oleh Esyal  Siswa Kelas 5.

Hadir mewakili Direktur yayasan, Manajer  Bidang Pendidikan Yayasan Kalifa Nusantara ibu  Puji Winarti dalam sambutannya merasa tersanjung karena dapat bersilaturrahmi dengan Kepala Madrasah dari Kalimantan Selatan. Puji juga menguraikan seara umum kemajuan MI Kalifa Nusantara dan tantangan-tantangan yang dihadapi sebagai lembaga sekolah Islam yang notabene sebagai minoritas di Bali.

Sedangakan Riani Sumiati, S.Psi, Kepala MI Kalifa Nusantara menuturkan terkait perkembangan pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Riani juga mempersilakan kepada peserta untuk menggali secara langsung ke bidang-bidang penanggung jawab kurikulum.

Sebagai perwakilan Rombongan, H. Adnan menyampaikan terimakasih atas sambutan yang luar biasa dari MI Kalifa Nusantara, dan berharap terus terjalin silaturrahmi dan barter pengetahuan.

“Kegiatan ini tentu akan banyak manfaatnya bagi madrasah di daerah kami. Sebagai gambaran, di kalsel ada  143  madrasah negeri dan 405 madrasah swasta, tentu dengn kegiatann ini kami akan tularkan kemadrasah-madrasah tersebut khususnya ke 91  madrasah yang telah melaksanakan IKM”. Terang Adnan.

Di sesi daialog  Kastalani, Kepala MIN 1  Balangan memberikan alasan kenapa memilih MI Kalifa Nusantara sebagai target untuk studi tiru dari aspek percepatan perkembangan madrasah ditengah masyarakat monoritas. “MI Kalifa Nusantara itu bagaikan Mutiara dalam kubangan. Berada ditengah minoritas namun menjadi primadona dan dapat berkembang sangat pesat, nah tentu ada rahasianya, rahasia inilah yang ingin kami telisik”  Komentar Kastalani.

Sedangkan Ahyani, Kepala MIN Tanah Bumbu  menelisik bagaimana pengalokasian dana pelaksanaan P5RA dan langsung ditangapi kepala MI Kalifa bahwa dana tersebut diambil dari  infak bulanan dari wali siswa.

Di momen Bimtek ini juga sekaligus dilaksanakan rapat koordinasi pengurus KKMI Provinsi Kalimantan Selatan. Rakor yang dipimpin oleh sekretaris KKMI Ida Zulfiati berhasil menyusun Draft Tata Tertib  (Tatib) Pemilihan Pengurus KKMI Periode berikutnya yang rencananya akan dilaksanakan  pada bulan November 2023 di Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan bimtek dan Studi tiru berjalan lancar dan memberikan kesan positif bagi seluruh peserta.

Penulis/Foto  : Humas KKMI

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KKMI KALSEL PILIH ULANG KETUA DAN PERANGKAT ORGANISASI

  Banjarbaru, KKMI Kalsel - Sebanyak 21 perwakilan anggota KKMI Kabupaten / Kota se-kalimantan Selatan   (Kecuali KKMI Hulu Sungai Tengah da...